SWOT NATASHA SKIN CARE
ANALISIS
SWOT DARI NATASHA SKIN CARE
Setelah
kita mengetahui 4P dari sebuah Klinik kecantikan, Natasha Skin Care. Dalam
penulisan blog kali ini kita akan memberikan penjelasan masing – masing dari
SWOT atas dasar hasil analisis yang telah kami lakukan. Sebelumnya apasih yang
dimaksud analisis SWOT? Merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness
(kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman), dari keempat hal
tersebut kita dapat mengetahui bagaimana kinerja sebuah jasa perawatan kecantikan
berjalan. Secara sistematis melalui SWOT kita dapat memahami mengenai dasar apa
saja strategi yang dapat dilakukan untuk membuat perusahaan kita menjadi
berkembang dan lebih baik. Perusahaan dapat mengambil peluang – peluang untuk
mengembangkan kinerja dari perusahaan dan menganalisa lebih lanjut atas
kelemahan – kelemahan dari perusahaan sehingga menjadikan perusahaan itu dapat
mengerti apa yang diinginkan oleh konsumen, terlebih adalah perusahaan yang
bergerak dibidang jasa. Natasha Skin Care sebagai klinik kecantikan harus mampu
menjalankan praktik perawatan pada khalayak dengan benar dan membutuhkan
analisis SWOT dalam memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi misi yang telah
dibuat oleh perusahaan. Oleh karena itu kami tertarik untuk membuat analisis
SWOT menurut hasil review yang telah kami lakukan
A.
DESKRIPSI
PERUSAHAAN
Natasha
Skin Care merupakan Klinik kecantikan diperuntukan baik itu perempuan maupun
laki – laki. Konsep dasar klinik ini adalah mengedepankan Nature Meets
Technology yang merupakan perpaduan sempurna antara bahan-bahan aktif
kosmetik botanical/herbal dengan alat-alat kecantikan berteknologi tinggi,
kulit cantik dan sehat terawat bukan lagi sekedar impian. Dapat terlihat
mengenai filosofi logo Natasha Skin Care yang merupakan sebuah wajah berwarna
emas yang menggambarkan ekspresi tenang dan bahagia. Ini melambangkan nilai
inti dari Natasha yang senantiasa focus ke setiap pelanggannya dengan
menggabungkan teknologi terkini perawatan kulit juga ternaga professional yang
ahli dalam bidang kecantikan. Pendirinya adalah pasangan suami istri bernama
Dr. Fendi Setyawan dan Drg. Tantri Ony Bianty yang memang terinspirasi oleh
duania kecantikan, mereka pula awal mulainya berkreasi menciptakan berbagai
jenis produk untuk mengatasi aneka permasalahan kulit, terutama jerawat.
Visi
:
Menjadi
perusahaan yang terkemuka di Indonesia di bidang perawatan kecantikan wajah
dengan kualitas yang utama dan pelayanan yang prima.
Misi
:
1.
Membangun perusahaan terpercaya yang mampu melebihi harapan pelanggan.
2.
Meningkatkan kompetensi melalui perbaikan skill, knowledge, attitude dengan
melakukan pelatihan yang rutin.
3.
Melakukan inovasi secara berkala baik dalam produk maupun teknologi kecantikan,
nature meet technology.
4.
Meningkatkan kerjasama antar divisi.
5.
Menciptakan nilai tambah dengan integritas tinggi. Menjadi perusahaan yang
terkemuka di Indonesia di bidang perawatan kecantikan wajah dengan kualitas
yang utama dan pelayanan yang prima.
Analisis
SWOT Natasha Skin Care
Ø STRENGTH.
Adalah
kekuatan yang dijadikan modal dasar Natasha Skin Care dalam mengembangkan
perusahannya dan bentuk kekuatan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain:
Kualitas : Seperti kita ketahui Natasha Skin Care
ini mengusung slogan Nature Meets Technology yang berarti berbasis
botanical/herbal yang alami dengan pengolahan pabrik sendiri serta memanfaatkan
teknologi dalam melakukan perawatan. Ini menjadi nilai tersendiri dari Natasha
Skin Care yang memadukan antara alami dan teknologi
Harga Produk : Memang Natasha Skin Care sendiri
termaksud dengan harga terjangkau dari tingkat kelas ekonomi B to A, mereka
menyesuaikan beberapa konsumen dari remaja hingga orang dewasa, yang pastinya
memudahkan mereka dalam menargetkan budget
Pelayanan : Dari segi pelayanan sendiri, Natasha
Skin Care sangat mementingkan konsumen, karena mereka mewajibkan menjadi member
sebelum melakukan perawatan guna sebagai data informasi setelah itu dapat
melakukan konsultasi gratis dengan pihak dokter ahli kecantikan, yang membuat
kenyamanan saat ingin melakukan perawatan tanpa membuat konsumen kebingungan.
Ø WEAKNESS. Tidak
mutlak dengan segala kekuatannya, Natasha Skin Care sebagai Klinik kecantikan juga
memiliki sisi kelemahan. Mengenai sisi kekurangannya sehingga dapat dijadikan
motivasi untuk upaya perbaikannya. Media promosinya kurang sehingga masih
banyak orang yang belum mengetahui Natasha Skin Care serta kurangnya informasi
produk atau harga, sehingga kita harus mengetahuinya langsung setelah
konsultasi. Lokasinya pun masih terbatas hanya ada di daerah – daerah besar.
Ø OPPORTUNITIES. Kesempataan
atau peluang yang dapat dibidik oleh Natasha Skin Care dalam persaingan pasar
jasa klinik kecantikan ketika perkembangannya semakin pesat. Demi berkembangnya
klinik kecantikan ini, bisa membuka cabang dilokasi – lokasi yang strategis,
mengembangkan dari segi SDM dan brand awareness. Karena Natasha Skin Care sendiri
telah menggunakan teknologi dan tidak melupakan bahan alamai yang menjadi
kekhasan klinik, jasa ini pun dapat semakin berinovasi dibandingkan klinik
kecantikan lainnya.
By : Anita Rahmah F
Komentar
Posting Komentar