SWOT NATASHA SKIN CARE

ANALISIS SWOT DARI NATASHA SKIN CARE

Setelah kita mengetahui 4P dari sebuah Klinik kecantikan, Natasha Skin Care. Dalam penulisan blog kali ini kita akan memberikan penjelasan masing – masing dari SWOT atas dasar hasil analisis yang telah kami lakukan. Sebelumnya apasih yang dimaksud analisis SWOT? Merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman), dari keempat hal tersebut kita dapat mengetahui bagaimana kinerja sebuah jasa perawatan kecantikan berjalan. Secara sistematis melalui SWOT kita dapat memahami mengenai dasar apa saja strategi yang dapat dilakukan untuk membuat perusahaan kita menjadi berkembang dan lebih baik. Perusahaan dapat mengambil peluang – peluang untuk mengembangkan kinerja dari perusahaan dan menganalisa lebih lanjut atas kelemahan – kelemahan dari perusahaan sehingga menjadikan perusahaan itu dapat mengerti apa yang diinginkan oleh konsumen, terlebih adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Natasha Skin Care sebagai klinik kecantikan harus mampu menjalankan praktik perawatan pada khalayak dengan benar dan membutuhkan analisis SWOT dalam memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi misi yang telah dibuat oleh perusahaan. Oleh karena itu kami tertarik untuk membuat analisis SWOT menurut hasil review yang telah kami lakukan


A.    DESKRIPSI PERUSAHAAN


Natasha Skin Care merupakan Klinik kecantikan diperuntukan baik itu perempuan maupun laki – laki. Konsep dasar klinik ini adalah mengedepankan Nature Meets Technology yang merupakan perpaduan sempurna antara bahan-bahan aktif kosmetik botanical/herbal dengan alat-alat kecantikan berteknologi tinggi, kulit cantik dan sehat terawat bukan lagi sekedar impian. Dapat terlihat mengenai filosofi logo Natasha Skin Care yang merupakan sebuah wajah berwarna emas yang menggambarkan ekspresi tenang dan bahagia. Ini melambangkan nilai inti dari Natasha yang senantiasa focus ke setiap pelanggannya dengan menggabungkan teknologi terkini perawatan kulit juga ternaga professional yang ahli dalam bidang kecantikan. Pendirinya adalah pasangan suami istri bernama Dr. Fendi Setyawan dan Drg. Tantri Ony Bianty yang memang terinspirasi oleh duania kecantikan, mereka pula awal mulainya berkreasi menciptakan berbagai jenis produk untuk mengatasi aneka permasalahan kulit, terutama jerawat.  

Visi :
Menjadi perusahaan yang terkemuka di Indonesia di bidang perawatan kecantikan wajah dengan kualitas yang utama dan pelayanan yang prima.

Misi :
1. Membangun perusahaan terpercaya yang mampu melebihi harapan pelanggan.
2. Meningkatkan kompetensi melalui perbaikan skill, knowledge, attitude dengan melakukan pelatihan yang rutin.
3. Melakukan inovasi secara berkala baik dalam produk maupun teknologi kecantikan, nature meet technology.
4. Meningkatkan kerjasama antar divisi.
5. Menciptakan nilai tambah dengan integritas tinggi. Menjadi perusahaan yang terkemuka di Indonesia di bidang perawatan kecantikan wajah dengan kualitas yang utama dan pelayanan yang prima.

Analisis SWOT Natasha Skin Care

Ø  STRENGTH. Adalah kekuatan yang dijadikan modal dasar Natasha Skin Care dalam mengembangkan perusahannya dan bentuk kekuatan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain:
Kualitas : Seperti kita ketahui Natasha Skin Care ini mengusung slogan Nature Meets Technology yang berarti berbasis botanical/herbal yang alami dengan pengolahan pabrik sendiri serta memanfaatkan teknologi dalam melakukan perawatan. Ini menjadi nilai tersendiri dari Natasha Skin Care yang memadukan antara alami dan teknologi
Harga Produk : Memang Natasha Skin Care sendiri termaksud dengan harga terjangkau dari tingkat kelas ekonomi B to A, mereka menyesuaikan beberapa konsumen dari remaja hingga orang dewasa, yang pastinya memudahkan mereka dalam menargetkan budget
Pelayanan : Dari segi pelayanan sendiri, Natasha Skin Care sangat mementingkan konsumen, karena mereka mewajibkan menjadi member sebelum melakukan perawatan guna sebagai data informasi setelah itu dapat melakukan konsultasi gratis dengan pihak dokter ahli kecantikan, yang membuat kenyamanan saat ingin melakukan perawatan tanpa membuat konsumen kebingungan.

Ø  WEAKNESS. Tidak mutlak dengan segala kekuatannya, Natasha Skin Care sebagai Klinik kecantikan juga memiliki sisi kelemahan. Mengenai sisi kekurangannya sehingga dapat dijadikan motivasi untuk upaya perbaikannya. Media promosinya kurang sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui Natasha Skin Care serta kurangnya informasi produk atau harga, sehingga kita harus mengetahuinya langsung setelah konsultasi. Lokasinya pun masih terbatas hanya ada di daerah – daerah besar.

Ø  OPPORTUNITIES. Kesempataan atau peluang yang dapat dibidik oleh Natasha Skin Care dalam persaingan pasar jasa klinik kecantikan ketika perkembangannya semakin pesat. Demi berkembangnya klinik kecantikan ini, bisa membuka cabang dilokasi – lokasi yang strategis, mengembangkan dari segi SDM dan brand awareness. Karena Natasha Skin Care sendiri telah menggunakan teknologi dan tidak melupakan bahan alamai yang menjadi kekhasan klinik, jasa ini pun dapat semakin berinovasi dibandingkan klinik kecantikan lainnya.

THREAT. Melengkapi contoh analisis SWOT pada poin terakhir yaitu melakukan analisa terhadap beragam ancaman yang mungkin akan selalu dihadapi oleh Natasha Skin Care ketika menempuh perjalannya dalam industri bidang kecantikan. Saat ini banyak sekali klinik kecantikan yang ada di Indonesia, membuat persaingan semakin meningkat. Memungkinkan juga ancaman yang terjadi ketika para konsumen mengalami tidak kecocokan pada treatment yang ada di Natasha Skin Care, yang nantinya dapat menjadi keluhan – keluhan konsumen. 



By : Anita Rahmah F

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWOT DARI NMW SKIN CARE

AIDA DARI NATASHA SKIN CARE