SWOT DARI NMW SKIN CARE
ANALISIS SWOT NMW SKIN CARE
Dalam
blog ini, dimana sebelumnya saya sudah bahas mengenai 4P dari Nmw Skin Care,
nah sekarang saya akan menjelaskan mengenai analisis SWOT dari klinik
kecantikan Nmw Skin Care. Namun sebelumnya yuk simak pengertian dari analisis
SWOT.
Analisis
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau spekulasi
bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT.
1.
S
= Strength (Kekuatan)
Yaitu
analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu
organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang perlu di lakukan di dalam
analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai
kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya.
2.
W
= Weaknesses (Kelemahan)
Yaitu
analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu
organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan
di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius
dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
3.
O
= Opportunity (Peluang)
Yaitu
analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu
organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi
dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang
memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang
akan depan atau masa yang akan datang.
4.
T
= Threats (Ancaman)
Yaitu
analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi
oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor
lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang
menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan
menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang
maupun masa yang akan datang.
Deskripsi Perusahaan
NMW Skin care adalah sebuah perusahaan yang bergerak
di bidang perawatan kulit dan kecantikan,yg berdiri pada tahun 2007 di Jakarta.
Sampai saat ini NMW skin care sudah memiliki cabang di Ciputat, Depok, Bekasi,
Jogjakarta dan Bintaro.
Visi :
Menjadi Klinik Kecantikan & Estetika modern
dengan layanan terbaik, aman, dan bermutu tinggi bertaraf internasional.
Misi :
a. Mengembangkan kompetensi SDM dalam hal
profesionalitas, Skill dan Attitude
b. Mengembangkan pelayanan yang komprehensif dengan
mengikuti perkembangan IPTEK terkini
c. Melakasanakan pelayanan dengan mengutamakan
kenyamanan dan kepuasan pelanggan
Dari Keterangan Pengertian, Profil
Perusahaan diatas, Maka Dapat diambil Kesimpulan Analisis SWOT Sebagai Berikut
:
1.
Strength
(Kekuatan)
a. Memiliki
lokasi yang strategis yaitu berada ditengah jalan-jalan protocol.
b. Pelayanan
dokter yang memuaskan
c. Pelayanan
kasir dan Customer Service yang ramah dan komunikatif.
d. Proses
perawatan didukung dengan teknologi modern.
e. NMW
Skin Care sebagai klinik kecantikan juga mengedepankan pelayanan dan kesehatan
konsumen.
f. Memberikan
layanan konsultasi gratis ke dokter.
g. Trearment
yang ditawarkan cukup lengkap.
2.
Weakness
(Kelemahan)
a. Harga
yang kurang terjangkau bagi kalangan masyarakat menengah kebawah.
b. Harga
di Nmw skin care dapat berubah-ubah
c. Klinik
yang hanya terdapat disebagian kota-kota besar saja.
3.
Opportunity
(Peluang)
a.
Menarik minat masyarakat untuk
menggunakan jasa yang ditawarkan, khususnya mereka yang memiliki problem
kecantikan.
b.
mengembangkan inovasi kecantikan
seperti mengeluarkan penawaran treatment terbaru.
c.
membuka peluang bisnis baru dengan
menghasilkan produk-produk kecantikan yang berkualitas.
d.
mengembangkan bisnis dengan
menambah cabang di beberapa lokasi yang strategis.
e.
membangun kerjasama dengan dokter
khusus kecantikan untuk meningkatkan penanganan pasien/pelanggan.
f.
menciptakan lapangan pekerjaan baru
bagi masyarakat
g.
membangun kerjasama dengan
pelanggan untuk mempromosikan klinik kecantikan tersebut.
4.
Threats
(Ancaman)
a. Pesaing
yang lebih menguasai pasar
b. Konsumen
yang semakin selektif dan lebih kritis
c. Penggunaan
teknologi kecantikan yang cukup berisiko bagi pasien maupun dokter yang
menanganinya.
d. Biaya
sewa gedung/lahan yang bisa mendadak naik
e. Teknologi
yang semakin berkembang. Seperti misalnya produk dan alat kecantikan yang
semakin canggih muncul dipasaran.
f. Adanya
isu-isu malpraktik dalam dunia kecantikan.
By : Julya Fatika & Anis S.
Komentar
Posting Komentar