ANALISIS 4P DARI NMW SKIN CARE
ANALISIS 4P DARI NMW SKIN CARE
Di zaman sekarang,
orang semakin aware dengan yang
namanya penampilan. Gaya hidup yang
semakin modern membuat orang semakin memperhatikan penampilan fisik. Bahkan
banyak juga yang menginginkan penampilan maksimal dari ujung kepala hingga
ujung kaki. Terutama bagi mereka yang dituntut tampil cantik setiap saat mungkin
sibuk merawat diri demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Misalnya mereka
yang gaya hidupnya modern bahkan bisa dibilang sangat concern dengan yang namanya kecantikan. Ditambah lagi munculnya
jasa kecantikan yang menawarkan metode dan hasil yang menggiurkan membuat orang
semakin terdorong untuk mencobanya. NMW Skin Care ini merupakan salah satu
contoh layanan jasa perawatan kecantikan yang hadir ditengah masyarakat modern.
Awal kemunculanya mungkin tidak dikenal secara luas oleh masyarakat. Sehingga
untuk layanan jasa yang kurang menjangkau seluruh masyarakat seperti ini
memerlukan strategi pemasaran yang lebih efektif.
http://nmwskincare.co.id/gallery/
NMW skin care sendiri
merupkan klinik kecantikan yang menawarkan jasa seperti Perawatan muka, badan,
khusus perempuan, khusus laki-laki, lemak & berat badan, serta perawatan
rambut. Dan kali ini saya akan menganalisis 4p pada layanan jasa klinik
kecantikan NMW. Analisis tersebut saya buat berdasarkan data yang diperoleh
dari Website NMW dan kunjungan langsung ke salah satu klinik NMW di cabang
Bintaro.
1. Product
Sebagai klinik
kecantikan,product pada 4P disini
adalah service yang berupa:
A.
Pelayanan
Pelayanan
yang bisa dirasakan di klinik tersebut meliputi:
·
Konsultasi
Pasien bisa berkonsultasi kepada dokter
sebelum melakukan perawatan. Dan Konsultasi ini juga tidak dipungut biaya alias
gratis. Konsultasi dengan dokter di klinik kecantikan NMW juga bisa dilakukan
via online. Berdasarkan pendapat pasien, Layanan konsultusi yang diberikan juga
cukup jelas dan beberapa pasien juga mengatakan cukup puas dengan pelayananya. Banyak
solusi yang ditawarkan dan konsumen juga diberi member card sebagai pasien dari
klinik kecantikan NMW.
·
Perawatan
Perawatan yang ditawarkan NMW skin care
bisa dibilang cukup lengakap. Berdasarkan pendapat dari pengunjung, hasil
perawatan di NMW juga cukup memuaskan dan banyak yang memberikan review bagus
setelah melakukan perawatan di NMW. Dokter yang praktik juga tidak hanya satu
orang sehingga tidak perlu mengantri lama. Pelayaanan kasir maupun costumer service-nya juga ramah dan
komunikatif.
B.
Jenis-jenis perawatan yang ditawarkan
Jenis perawatan yang ada di NMW juga
cukup lengkap dan peralatan yang digunakan pun sudah canggih. Jadi proses
perawtaanya di dukung dengan teknologi modern. Selain itu Produk kecantikanya
juga cukup banyak dan beberapa orang yang memberikan review mengatakn cocok
menggunakan produk NMW tertentu.
Di klinik kecantikan
NMW, beberapa jenis perawatan yang ditawarkan adalah :
·
Facial:
perawatan muka.
·
Light
Pulse Therapy: proses menghilangkan bulu menggunakan
sinar laser.
· Pri
ionic RF: proses mengencangkan kulit wajah, keriput, dan
pemecahan lemak di perut, wajah serta lengan.
·
Skin
Lightening Therapy: terapi kulit sehat & cerah.
·
Face
Lift:
mengencangkan kulit dengan benang larut
·
Platelet
Rich Plasma: terapi alami kulit keriput dan
kebotakan;
·
Cryolipo:
penghancuran
lemak;
·
Injection:
botox dan Dermalfiller yaitu dua
perawatan kecantikan yang menerapkan teknik injeksi tetapi tidak melibatkan
tindakan operasi.
Dengan adanya berbagai
perawatan yang ditawarkan oleh NMW ini, bisa meenjadi pertimbangan bagi
konsumen yang ingin mencobanya. Karena realitas yang terjadi sekarang adalah
orang tidak sekedar memperhatikan kesehatan namun lebih kepada gaya hidup. Jadi
bisa dibilang metode perawatan kulit saat ini bukan hanya sebagai kesehatan
namun sebagai gaya hidup.
Level
product
Core benefit (manfaat inti)
Sesuai dengan misi NWM,
Manfaat inti yang bisa dirasakan dari NMW Skin care adalah pelayanan terbaik
yang bisa dirasakan melalui layanan perawatan dan kecantikan yang diberikan.
MNW sebagai klinik kecantikan juga mengedepankan pelayanan dan keselamatan
konsumen. Selain itu layanan MNW juga menawarkan konsultasi seputar masalah
kesehatan kulit sekaligus memberikan jasa perawatan khusus kecantikan dengan
menggunakan cara medis atau modern dengan standar kualitas internasional.
Basic Product ( produk dasar)
Sebagi klinik
kecantikan, Dokter yang praktik di NMW skin care merupakan ahli dibidang
kecantikan dan jumlahnya lebih dari satu. Selain itu, alat-alat medis yang
digunakan juga menunjang metode perawatan yang ada serta menggunakan standar
keamanan internasional.
Expected Product ( Produk yang
diharapkan )
Sebagai klinik
kecantikan berbasis kesehatan, tentunya Klinik NMW sudah semestinya bisa
mencerminkan lingkungan hidup yang sehat sekaligus nyaman. Dan berdasarkan
survey yang saya lakukan di klinik cabang Bintaro, MNW skin care ini memiliki
beberapa ruangan khusus perawatan yang terjaga kebersihan dan keamananya. Ruang
tunggu pasien juga cukup memadai. Pelayanan kasir dan CS-nya juga ramah dan komunikatif.
Augmented Produk ( Produk yang di
tingkatkan )
Sebagai klinik
kecantikan, NMW juga telah memproyeksikan secara pasti produk unggulan untuk
menunjang perawatan. NMW skin care juga telah meningkatkan inovasi produk
kecantikan sehingga semakin banyak perawatan yang bisa dipilih. Selain itu,
dokter yang praktik juga mulai ditingkatkan menjadi bertambah jumlahnya
sehingga mampu menangani konsumen yang lebih banyak.
Potential product ( Produk
potensial)
NMW skin care
menawarkan program unggulan yang terbagi menjadi dua bagian. Yaitu tahapan
facial detox NMW skin care dengan durasi 45 menit . Dimana pada tahapan ini
dilakukan pengaplikasian khusus oleh dokter yang sudah berpengalaman mulai dari
cleansing hingga tahap pemberian peeling dan steam. Dan yang kedua adalah
facial detox ultra sound serum vitamin C dengan durasi 60 menit. Proses
perawatan ini masih seperti tahapan
pertama namun bedanya adalah dengan menambahkan ultra sound serum vitamin C ke
dalam kulit secara lebih dalam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dan
fungsinya adalah untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.
2. Price
Untuk tarif perawatan
di klinik kecantikan NMW berbeda-beda tergantung pada setiap jenis perawatannya.
iflai dari harga tujuh puluh ribu hingga diatas tiga jutaan.
Jika dilihat dari tarif
yang demikian, target khalayak yang ditentukan NMW Skin care adalah kalangan
ekonomi menengah keatas. Karena ada juga beberapa jenis perawatan dan harga
produk perawatan MNW skin care yang cukup terjangkau. Selain itu, harga yang
ditentukan juga disesuaikan dengan jenis dan metode perawatan yang menggunakan
teknologi modern. Dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari costumer
service, konsumen yang datang ada dari kalangan remaja.
3.
Place (Tempat)
Place (tempat) dalam
Marketing Mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk
tersebut sampai kepada konsumen. Definisi dari Sumarni dan Soeprihanto
(2010:288) tentang saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh
produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke
konsumen/industry pemakai.
Bagi masyarakat yang
tinggal di Jakarta dan sekitarnya,tentu sudah tidak asing lagi dengan klinik
kecantikan NMW Skin Care, karena lokasinya yang strategis berada ditengah
jalan-jalan protokol Jabodetabek. Klinik NMW Skin Care pertama dan terbesar
berada dijalan Petogogan raya, di area Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Dan
berikut beberapa lokasi klinik kecantikan Nmw Skin Care:
Jakarta : Jl. Petogogan II No.29 Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan.
Bekasi : Jl. KH.Noer Alie No. 1-2, Kayuringin Jaya,
Bekasi
Ciledug:
Jl. Hos Cokroaminoto No.22-23, Ruko Bank Mandiri (Komp.G77)
Ciputat : Jl. Dewi Sartika No. 5A-5B,
Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan
Jogja : Jl. Pakuningrat No.6, Cokrodiningrat,
Jetis, Jogja
Depok : Jl. Akses UI 34 Tugu Cimanggis, Depok
Bintaro : Jl. Menteng Raya Blok FA 1 No. 23
Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan
4.
Promotion (Promosi)
Menurut Tjiptono
(2008:219), pada hakikatnya promosi adalah
suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran
adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi,
mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan
produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang
ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Promosi yang dilakukan
oleh klinik kecantikan NMW Skin Care sangat baik, klinik tersebut melakukan
promosi layanannya tersebut dengan berbagai cara, yaitu:
Ø
Melalui media sosial seperti
Instagram, Facebook, Twitter, Line@, dan bisa mengaksesnya informasinya juga di
www.nmwskincare.co.id
Ø Melalui
selembaran brosur yang disediakan dan bisa dilihat juga ketika berkunjung ke
klinik kecantikan Nmw Skin Care.
Ø Standing
Banner yang disediakan oleh klinik nmw skin care dan dapat dibaca juga ketika
berkunjung ke klinik Nmw Skin Care
Ø Nmw
Skin Care juga sering melakukan promosi dihari-hari besar tertentu di Indonesia
sebagai salah satunya contohnya yaitu “Semarak Akhir Tahun” dengan memberikan
harga potongan tertentu sesuai dengan treatment-nya.
Ø Nmw
Skin Care juga bekerjasama denga PermataBank, dengan promosi kartu kredit
permata diskon 25%.
By : Anis Sobriati & Julya Fatikasari
Komentar
Posting Komentar