ANALISIS 4P DARI NMW SKIN CARE

ANALISIS 4P DARI NMW SKIN CARE


Di zaman sekarang, orang semakin aware dengan yang namanya  penampilan. Gaya hidup yang semakin modern membuat orang semakin memperhatikan penampilan fisik. Bahkan banyak juga yang menginginkan penampilan maksimal dari ujung kepala hingga ujung kaki. Terutama bagi mereka yang dituntut tampil cantik setiap saat mungkin sibuk merawat diri demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Misalnya mereka yang gaya hidupnya modern bahkan bisa dibilang sangat concern dengan yang namanya kecantikan. Ditambah lagi munculnya jasa kecantikan yang menawarkan metode dan hasil yang menggiurkan membuat orang semakin terdorong untuk mencobanya. NMW Skin Care ini merupakan salah satu contoh layanan jasa perawatan kecantikan yang hadir ditengah masyarakat modern. Awal kemunculanya mungkin tidak dikenal secara luas oleh masyarakat. Sehingga untuk layanan jasa yang kurang menjangkau seluruh masyarakat seperti ini memerlukan strategi pemasaran yang lebih efektif.
http://nmwskincare.co.id/gallery/
NMW skin care sendiri merupkan klinik kecantikan yang menawarkan jasa seperti Perawatan muka, badan, khusus perempuan, khusus laki-laki, lemak & berat badan, serta perawatan rambut. Dan kali ini saya akan menganalisis 4p pada layanan jasa klinik kecantikan NMW. Analisis tersebut saya buat berdasarkan data yang diperoleh dari Website NMW dan kunjungan langsung ke salah satu klinik NMW di cabang Bintaro.

1. Product
Sebagai klinik kecantikan,product pada 4P disini adalah service yang berupa:
A.    Pelayanan
Pelayanan yang bisa dirasakan di klinik tersebut meliputi:
·         Konsultasi
Pasien bisa berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan perawatan. Dan Konsultasi ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Konsultasi dengan dokter di klinik kecantikan NMW juga bisa dilakukan via online. Berdasarkan pendapat pasien, Layanan konsultusi yang diberikan juga cukup jelas dan beberapa pasien juga mengatakan cukup puas dengan pelayananya. Banyak solusi yang ditawarkan dan konsumen juga diberi member card sebagai pasien dari klinik kecantikan NMW.
·         Perawatan
Perawatan yang ditawarkan NMW skin care bisa dibilang cukup lengakap. Berdasarkan pendapat dari pengunjung, hasil perawatan di NMW juga cukup memuaskan dan banyak yang memberikan review bagus setelah melakukan perawatan di NMW. Dokter yang praktik juga tidak hanya satu orang sehingga tidak perlu mengantri lama. Pelayaanan kasir maupun costumer service-nya juga ramah dan komunikatif.
B.      Jenis-jenis perawatan yang ditawarkan
Jenis perawatan yang ada di NMW juga cukup lengkap dan peralatan yang digunakan pun sudah canggih. Jadi proses perawtaanya di dukung dengan teknologi modern. Selain itu Produk kecantikanya juga cukup banyak dan beberapa orang yang memberikan review mengatakn cocok menggunakan produk NMW tertentu.

Di klinik kecantikan NMW, beberapa jenis perawatan yang ditawarkan adalah :
·         Facial: perawatan muka.
·         Light Pulse Therapy: proses menghilangkan bulu menggunakan sinar laser.
·      Pri ionic RF: proses mengencangkan kulit wajah, keriput, dan pemecahan lemak di perut, wajah serta lengan.
·         Skin Lightening Therapy: terapi kulit sehat & cerah.
·         Face Lift: mengencangkan kulit dengan benang larut
·         Platelet Rich Plasma: terapi alami kulit keriput dan kebotakan;
·         Cryolipo: penghancuran lemak;
·         Injection: botox dan Dermalfiller yaitu dua perawatan kecantikan yang menerapkan teknik injeksi tetapi tidak melibatkan tindakan operasi.
Dengan adanya berbagai perawatan yang ditawarkan oleh NMW ini, bisa meenjadi pertimbangan bagi konsumen yang ingin mencobanya. Karena realitas yang terjadi sekarang adalah orang tidak sekedar memperhatikan kesehatan namun lebih kepada gaya hidup. Jadi bisa dibilang metode perawatan kulit saat ini bukan hanya sebagai kesehatan namun sebagai gaya hidup.

Level product
 Core benefit  (manfaat inti)
Sesuai dengan misi NWM, Manfaat inti yang bisa dirasakan dari NMW Skin care adalah pelayanan terbaik yang bisa dirasakan melalui layanan perawatan dan kecantikan yang diberikan. MNW sebagai klinik kecantikan juga mengedepankan pelayanan dan keselamatan konsumen. Selain itu layanan MNW juga menawarkan konsultasi seputar masalah kesehatan kulit sekaligus memberikan jasa perawatan khusus kecantikan dengan menggunakan cara medis atau modern  dengan standar kualitas internasional.
Basic Product ( produk dasar)
Sebagi klinik kecantikan, Dokter yang praktik di NMW skin care merupakan ahli dibidang kecantikan dan jumlahnya lebih dari satu. Selain itu, alat-alat medis yang digunakan juga menunjang metode perawatan yang ada serta menggunakan standar keamanan internasional.
Expected Product ( Produk yang diharapkan )
Sebagai klinik kecantikan berbasis kesehatan, tentunya Klinik NMW sudah semestinya bisa mencerminkan lingkungan hidup yang sehat sekaligus nyaman. Dan berdasarkan survey yang saya lakukan di klinik cabang Bintaro, MNW skin care ini memiliki beberapa ruangan khusus perawatan yang terjaga kebersihan dan keamananya. Ruang tunggu pasien juga cukup memadai. Pelayanan kasir dan CS-nya juga ramah dan komunikatif.
Augmented Produk ( Produk yang di tingkatkan )
Sebagai klinik kecantikan, NMW juga telah memproyeksikan secara pasti produk unggulan untuk menunjang perawatan. NMW skin care juga telah meningkatkan inovasi produk kecantikan sehingga semakin banyak perawatan yang bisa dipilih. Selain itu, dokter yang praktik juga mulai ditingkatkan menjadi bertambah jumlahnya sehingga mampu menangani konsumen yang lebih banyak.
Potential product ( Produk potensial) 
NMW skin care menawarkan program unggulan yang terbagi menjadi dua bagian. Yaitu tahapan facial detox NMW skin care dengan durasi 45 menit . Dimana pada tahapan ini dilakukan pengaplikasian khusus oleh dokter yang sudah berpengalaman mulai dari cleansing hingga tahap pemberian peeling dan steam. Dan yang kedua adalah facial detox ultra sound serum vitamin C dengan durasi 60 menit. Proses perawatan  ini masih seperti tahapan pertama namun bedanya adalah dengan menambahkan ultra sound serum vitamin C ke dalam kulit secara lebih dalam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dan fungsinya adalah untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

2. Price
Untuk tarif perawatan di klinik kecantikan NMW berbeda-beda tergantung pada setiap jenis perawatannya. iflai dari harga tujuh puluh ribu hingga diatas tiga jutaan.



Jika dilihat dari tarif yang demikian, target khalayak yang ditentukan NMW Skin care adalah kalangan ekonomi menengah keatas. Karena ada juga beberapa jenis perawatan dan harga produk perawatan MNW skin care yang cukup terjangkau. Selain itu, harga yang ditentukan juga disesuaikan dengan jenis dan metode perawatan yang menggunakan teknologi modern. Dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari costumer service, konsumen yang datang ada dari kalangan remaja.



3. Place (Tempat)
Place (tempat) dalam Marketing Mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk tersebut sampai kepada konsumen. Definisi dari Sumarni dan Soeprihanto (2010:288) tentang saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen/industry pemakai.
Bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya,tentu sudah tidak asing lagi dengan klinik kecantikan NMW Skin Care, karena lokasinya yang strategis berada ditengah jalan-jalan protokol Jabodetabek. Klinik NMW Skin Care pertama dan terbesar berada dijalan Petogogan raya, di area Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Dan berikut beberapa lokasi klinik kecantikan Nmw Skin Care:
Jakarta : Jl. Petogogan II No.29 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Bekasi : Jl. KH.Noer Alie No. 1-2, Kayuringin Jaya, Bekasi
Ciledug: Jl. Hos Cokroaminoto No.22-23, Ruko Bank Mandiri (Komp.G77)
Ciputat : Jl. Dewi Sartika No. 5A-5B, Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan
Jogja    : Jl. Pakuningrat No.6, Cokrodiningrat, Jetis, Jogja
Depok  : Jl. Akses UI 34 Tugu Cimanggis, Depok
Bintaro : Jl. Menteng Raya Blok FA 1 No. 23 Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan

4. Promotion (Promosi)
Menurut Tjiptono (2008:219), pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Promosi yang dilakukan oleh klinik kecantikan NMW Skin Care sangat baik, klinik tersebut melakukan promosi layanannya tersebut dengan berbagai cara, yaitu:
Ø  Melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line@, dan bisa mengaksesnya informasinya juga di www.nmwskincare.co.id
Ø  Melalui selembaran brosur yang disediakan dan bisa dilihat juga ketika berkunjung ke klinik kecantikan Nmw Skin Care.



Ø  Standing Banner yang disediakan oleh klinik nmw skin care dan dapat dibaca juga ketika berkunjung ke klinik Nmw Skin Care

Ø  Nmw Skin Care juga sering melakukan promosi dihari-hari besar tertentu di Indonesia sebagai salah satunya contohnya yaitu “Semarak Akhir Tahun” dengan memberikan harga potongan tertentu sesuai dengan treatment-nya.

Ø  Nmw Skin Care juga bekerjasama denga PermataBank, dengan promosi kartu kredit permata diskon 25%.



By : Anis Sobriati & Julya Fatikasari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWOT NATASHA SKIN CARE

SWOT DARI NMW SKIN CARE

AIDA DARI NATASHA SKIN CARE