MARKETING PUBLIC RELATIONS (STRATEGI, MINAT KONSUMEN & IKLAN


A.    Strategi marketing Public Relations Klinik Kecantikan
Setelah sebelumnya dibahas mengenai analisis SWOT, 4P, Product Level, serta analisis AIDA pada perusahaan jasa kecantikan, kini kami akan menyimpulkan strategi marketing Publik Relations yang digunakan.
1.      Strategi Pemilihan media
Dalam menyusun strategi pemasaran, sebuah klinik kecantikan dapat memanfaatkan media online dan media cetak dalam melakukan promosi. Hal ini tentunya menyesuaikan antara media yang digunakan dengan segmen yang dituju.
A.    Media online
Media online dipilih sabagai sarana promosi karena cukup efektif di era modern. Dengan demikain, NMW maupun Natasha dapat memanfaatkan media online untuk memasang iklan. Media online yang tepat digunakan adalah portal berita online yang membahas tentang lifestyle dan kesehatan. Yaitu bisa melalui Liputan6.com pada portal berita Lifestyle atau Fashion & beauty atau melalui  healthytimes.co.id.
Selain itu, media sosial youtube dan instagram juga bisa digunakan dalam melakukan promosi atau sekedar memberikan informasi kepada khalayak. Dalam hal ini, NMW maupun Skincare dapat membuat konten-konten yang menarik dan bisa juga memanfaatkan beauty vlog.

B.     Media Cetak
Media cetak merupkan salah satu sarana yang cukup fleksibel untuk memuat iklan. Dengan menggunkan media cetak, NMW dan Nathasa dapat meyebarkan informasi melaui komunikasi secara visual. Karena basis perusahaan ini ada dibidang jasa, maka informasi yang disampaikan dalam media cetak dapat berupa penawaran yang meyakinkan dan gambar-gambar menarik. Media cetak yang dapat digunakan dalam hal ini adalah majalah, koran, baliho, standing banner, ataupun flyer.

2.      Strategi Placement dan Pricing
Setelah sebelumnya dibahas tentang SWOT terkait perusaan ini, maka dapat simpulkan bahwa strategi yang digunakan dalam menetukan tempat dan harga adalah:

A.    Channel Distribution
Strategi yang dilakukan kedua jasa tersebut adalah dengan menambahkan cabang dibeberpa tempat strategis  sebagai channel distribution. Nmw maupun Natasha membuka cabang di lokasi-lokasi yang strategis seperti di mall dan sekitar jalan protokol. Untuk cabang NMW, terletak dilokasi berikiut ini.
Jakarta : Jl. Petogogan II No.29 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Ciputat : Jl. Dewi Sartika No. 5A-5B, Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan
Jogja    : Jl. Pakuningrat No.6, Cokrodiningrat, Jetis, Jogja
Depok  : Jl. Akses UI 34 Tugu Cimanggis, Depok
Bintaro : Jl. Menteng Raya Blok FA 1 No. 23 Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan. Sedangkan Nathasa membuka cabang di Senayan City, AEON Mall, Bintaro serta di DIY.

B.     Pricing Strategy
Dalam menentukan harga, NMW ataupun Natasha menggunakan Optional Pricing. Dimana harga yang ditawarkan kepada konsumen bervariatif dari kisaran harga terjangkau hingga harga tinggi untuk menyesuaikan segmentasi khalayak.

3.      Strategi FABV

A.    Features
Karakteristik dan bagian dari klinik kecantikan NMW adalah klinik gaya hidup yang menawarkan perawatan kecantikan secara modern. Begitu pula dengan Natasha yang memiliki karakteristik sebagai klinik kecantikan modern dengan menambahkan konsep natural. 

B.     Advantage
Keuntungan yang bisa didaptakan oleh konsumen dalam menggunakan jasa kecantikan tersebut adalah perawatan yang ditangani langsung oleh dokter ahli dan didukung dengan alat kecantikan yang canggih. Selain itu, konsumen juga dapat melakukan konsultasi gratis dengan dokter yang praktik.

C.     Benefit
Benfit yang bisa dirasakan oleh konsumen dalam menggunakan jasa kecantikan tersebut adalah hasil perawatan yang berbeda karena menggunkan alat-alat modern serta pelayanan prima yang diutamakan. Selain itu, konsultasi gratis yang diberikan dapat menambah pengetahuan konsumen sehingga dapat memberi kepuasan bagi mereka.

D.    Value
Klinik kecantikan NMW maupu Nathasa menawarkan pelayanan yang berbeda. Di mana value yang bisa dirasakan dari NMW adalah orang bisa merasakan hasil perawatan dermatologi tanpa perlu mengkhawatirkan keselamatan. Sedangkan untuk Natasha Skin Care sendiri klinik ini sangat memudahkan konsumennya dalam penggunaan member dengan berbagai tipe, selain itu Natasha Skin Care sendiri mengusung teknologi tinggi tanpa meninggalkan unsur tradisional pada produk – produk yang ada.

b.    Terdapat 4 macam Motif Konsumen dalam pembelian, yaitu :

  1. Motif Primer, Yaitu motif yang menimbulkan perilaku pembelian terhadap kategori kategori umum ( biasa) pada suatu produk. Contoh motif ini antara lain keinginan konsumen Natasha & NMW untuk menikmati kesenangan atas produk jasa yang sudah dimilikinya, motif ingin tahu konsumen terhadap produk jasa Natasha & NMW  .
  2. Motif Selektif, Yaitu motif yang mempengaruhi keputusan tentang model dan merk dari kelas kelas produk, atau macam penjual yang dipilih untuk suatu pembelian.Contoh : Motif Ekonomi yang dimaksud disini adalah Konsumen akan mempertimbangkan kualitas dan harga dari produk jasa, Keamanan dari suatu Treatment atau Produk Jasa Tersebut, Status.
  3. Motif Rasional, Yaitu motif yag didasarkan pada kenyataan kenyataan seperti yang ditunjukkan oleh suatu produk kepada konsumen. Contoh: Faktor Penawaran, Permintaan dan Harga, disini konsumen akan melihat Kebersihan dari tempat jasa skincare Natasha & NMW, Keawetan, Dapat dipercaya efektif dalam bidang kecantikan dan Keterbatasan waktu yang ada pada Konsumen.
  4. Motif Emosional, Yaitu motif pembelian yang berkaitan dengan perasaan atau emosional individu. Contoh: Pengungkapan Rasa Cinta, Kebanggaan atas hasil yang sudah di peroleh atau nampak dari perawatan skincare, Keamanan dilihat dari kemasan produk skincare dan dilihat dari bahan bahan dari produk skincare, Kepraktisan produk skincare agar mudah dibawa kemana mana, dan Keinginan untuk menyerupai pihak lain dilihat dari Brand Ambassador yang terkenal (public figure) dari produk jasa tersebut .

Motif Terhadap Keputusan Pembelian
  1. Keputusan tentang jenis Jasa. Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk jasa skincare atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain. Dalam hal ini perusahaan harus memusatkan perhatiannya kepada orang orang yang berminat membeli produk jasa skincare serta alternatif lain yang dapat  mereka pertimbangkan.
  2. Keputusan tentang bentuk Jasa. Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli produk jasa skincare tertentu. Keputusan tersebut menyangkut benefit dari penggunaan produk skincare. Dalam hal ini perusahaan harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk skincare bersangkutan agar dapat memaksimumkan daya tarik dari produk jasa tersebut.
  3. Keputusan tentang Penjualan. Dalam hal ini para pemilik produk jasa skincare harus mengetahui bagaimana cara menarik konsumen untuk bisa membeli produk jasa skincare yang dimilikinya.

C.    Perencanaan konsep strategi marketing public relations yang akan digunakan harus mempertimbangkan salah satunya dalam memuat iklan produk pada media massa tertentu. Sesuai dengan pangsa pasar yang ada. Buatlah prediksi tentang brand media yaitu media cetak dan media online untuk memuat iklan dan alsan pertimbangan memilih brand media tersebut sesuai dengan prinsip pertimbangan produsen dalam memasang iklan dimasing- masing jenis media tersebut.
Ø  Media Online (melalui jaringan periklanan & website)
  1. Instagram adalah media social yang saat ini sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dapat lebih panjang dibanding media social lainnya. Instagram juga mudah diakses dari smartphone dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi dikhalangan kaum hawa khususnya. Ini menjadi kesempatan bagi sebuah klinik kecantikan untuk mempromosikan produk dan jasa dengan mudah karena target konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Penggunaan Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika menggunakan Instagram sebagai media bisnis, karena orang akan lebih mudah untuk mencari dan tidak pula menggunakan fitur Instagram Ads yaitu salah satu kegiatan advertising atau iklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audience yang lebih luas dan lebih ditargetkan. Instagram ads sendiri memang sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, mengumpulkan leads baru. Dengan membuat iklan video beruapa kenyamanan konsumen saat melakukan perawatan di Klinik kecantikan. Untuk Natasha Skin Care sendiri, konsepnya menggunakan Iklan Carousel dimana memungkinkan orang dalam menggeser beberapa foto yang isinya adalah foto – foto konsumen remaja hingga dewasa dalam melakukan perawatan. Untuk konsep NMW Skin Care konsep yang ditawarkan adalah iklan stories dimana akan suguhkan video mengenai kenyamanan dan keamanan dari klinik kecantikan tersebut.

  1. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian dari sebuah rencana promosi dalam media online suatu usaha. Menggunakan fitur Youtube Ads dengan total kunjungan unik ke YouTube yang mencapai 1 milyar setiap bulannya, maka tak salah jika iklan di YouTube sangat berpotensi besar untuk menjaring konsumen. Youtube sebagai media iklan yang tergolong baru dan belum banyak diendus oleh marketer tentu menjadikan media ini sangat segar dan sangat potensial yang akurat dan tepat. Saat ini banyak beauty vlogger yang ada pada Youtube, untuk jenis klinik kecantikan bisa mengiklankan dibeberapa youtube channel beauty vlogger terlebih dahulu dan kemudian nantinya akan berkembang ketika iklan tersebut mendapat benefit.

  1. Membuat website klinik kecantikan, ini merupakan poin yang krusial dalam persaingan bisnis di era digital saat ini, banyak usaha offline yang sudah membuat website khusus untuk memasarkan produk atau jasanya melalui internet. Selain sebagai media pemasaran,  website juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun brand bisnis. Klinik kecantikan dapat membuat e-flyer atau e-brosur yang diupload pada website masing – masing. Adanya website juga dapat mempermudah konsumen dalam mengetahui lebih lanjut mengenai klinik, dimulai dari harga serta perawatan apa saja yang ada.
Ø  Media Cetak
1.      Brosur adalah suatu alat untuk promosi barang, jasa dan lain-lain, yang terbuat dari kertas yang dimana di dalamnya terdapat sejumlah informasi dan juga penawaran mengenai jasa atau produk tersebut. Selain bisa memperlihatkan foto-foto dari jasa atau produk yang ditawarkan brosur juga bisa sangat jelas dan detail dalam menampilkan harga-harga dan treatment apa saja yang ditawarkan didalamnya. Fungsi iklan di brosur dalam klinik kecantikan ini juga sangatlah efektif karena desain dari brosur yang baik memungkinkan klinik kecantikan ini dapat mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan diantara klinik kecantikan lainnya. Kriteria dan ciri khas dari salah satu Klinik Kecantikan NMW Skin Care ia memiliki kriteria dengan warna orange (kadang disebut dengan konsep) dan disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan klinik kecantikan ini sangat mudah dikenali. Ini akan memberikan prestise dan juga kredibilitas perusahaan tentunya. Hal ini sangat penting untuk brosur perusahaan tidak hanya memiliki “konsep”, akan tetapi juga memiliki logo dan warna yang mudah untuk dikenali, yaitu salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.

2.      Standing Banner: Standing Banner (Ukuran 60×160) adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi, berbentuk banner dengan konstruksi penyangga berbentuk “X” sehingga banner bisa berdiri sendiri. Standing Banner pada umumnya berisi tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan,
Isi Standing Banner di-design semenarik dan se-sederhana mungkin dimaksudkan agar audience tertarik tanpa harus mengerti dulu maksud dari isi Standing Banner tersebut. Dan penggunaan Standing Banner pada Klinik Kecantikan NMW Skin Care ini diletakan di setiap sudut ruangan di Klinik Nmw Skin Care tersebut, misalnya saja diletakkan pada ruang tunggu para konsumen pada saat menunggu antrian, didepan pintu masuk, didepan ruangan pintu masuk ruang perawatan. Posisi-posisi tersebut merupakan posisi strategis mengingat lokasi tersebut memudahkan para konsumen membaca dengan sambil duduk pun bisa dilakukan. Dan cara tersebut merupakan strategi pemasaran produk jasa layanan yang ditawarkan kepada para konsumennya.

3.      Flyer: Lembaran yang tercetak secara tunggal (tidak ada lipatan) dan digunakan untuk menarik perhatian publik terhadap sebuah pelayanan, acara ataupun produk, yang ditawarkan. Flyer, atau lebih akrab disebut dengan selebaran, pada umumnya hanya berisi info-info secara garis besar karena untuk dibaca secara cepat. Iklan yang dimuat pada flyer di Klinik Kecantikan Nmw Skin Care ini juga hanya berisi informasi mengenai iklan secara garis besarnya saja. Misalnya iklan mengenai discount apa saja yang ditawarkan, treatment apa saja yang ditawarkan, promo khusus yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Cara iklan di flyer ini juga sangat menghemat waktu apalagi hanya membaca cepat dan dengan tulisan yang dimuat intinya saja dan dikemas dengan menggunakan gambar yang menarik konsumen.

Komentar

  1. Casino Roulette - Play in this online Casino without registration
    Join a 제왕 카지노 genuine casino with 메리트카지노 Roulette for free and enjoy an unbeatable game experience. No deposit required, just start spinning. 바카라 사이트

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWOT NATASHA SKIN CARE

SWOT DARI NMW SKIN CARE

AIDA DARI NATASHA SKIN CARE