MARKETING PUBLIC RELATIONS (STRATEGI, MINAT KONSUMEN & IKLAN
A.
Strategi
marketing Public Relations Klinik Kecantikan
Setelah
sebelumnya dibahas mengenai analisis SWOT, 4P, Product Level, serta analisis
AIDA pada perusahaan jasa kecantikan, kini kami akan menyimpulkan strategi marketing
Publik Relations yang digunakan.
1.
Strategi
Pemilihan media
Dalam
menyusun strategi pemasaran, sebuah klinik kecantikan dapat memanfaatkan media
online dan media cetak dalam melakukan promosi. Hal ini tentunya menyesuaikan
antara media yang digunakan dengan segmen yang dituju.
A. Media
online
Media
online dipilih sabagai sarana promosi karena cukup efektif di era modern. Dengan
demikain, NMW maupun Natasha dapat memanfaatkan media online untuk memasang
iklan. Media online yang tepat digunakan adalah portal berita online yang
membahas tentang lifestyle dan kesehatan. Yaitu bisa melalui Liputan6.com pada
portal berita Lifestyle atau Fashion & beauty atau melalui healthytimes.co.id.
Selain
itu, media sosial youtube dan instagram juga bisa digunakan dalam melakukan
promosi atau sekedar memberikan informasi kepada khalayak. Dalam hal ini, NMW
maupun Skincare dapat membuat konten-konten yang menarik dan bisa juga
memanfaatkan beauty vlog.
B. Media
Cetak
Media
cetak merupkan salah satu sarana yang cukup fleksibel untuk memuat iklan.
Dengan menggunkan media cetak, NMW dan Nathasa dapat meyebarkan informasi
melaui komunikasi secara visual. Karena basis perusahaan ini ada dibidang jasa,
maka informasi yang disampaikan dalam media cetak dapat berupa penawaran yang
meyakinkan dan gambar-gambar menarik. Media cetak yang dapat digunakan dalam
hal ini adalah majalah, koran, baliho, standing banner, ataupun flyer.
2.
Strategi
Placement dan Pricing
Setelah
sebelumnya dibahas tentang SWOT terkait perusaan ini, maka dapat simpulkan
bahwa strategi yang digunakan dalam menetukan tempat dan harga adalah:
A. Channel
Distribution
Strategi
yang dilakukan kedua jasa tersebut adalah dengan menambahkan cabang dibeberpa
tempat strategis sebagai channel distribution. Nmw maupun Natasha
membuka cabang di lokasi-lokasi yang strategis seperti di mall dan sekitar
jalan protokol. Untuk cabang NMW, terletak dilokasi berikiut ini.
Jakarta
: Jl. Petogogan II No.29 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Ciputat :
Jl. Dewi Sartika No. 5A-5B, Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan
Jogja
: Jl. Pakuningrat No.6, Cokrodiningrat, Jetis, Jogja
Depok
: Jl. Akses UI 34 Tugu Cimanggis, Depok
Bintaro :
Jl. Menteng Raya Blok FA 1 No. 23 Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan. Sedangkan
Nathasa membuka cabang di Senayan City, AEON Mall, Bintaro serta di DIY.
B. Pricing
Strategy
Dalam
menentukan harga, NMW ataupun Natasha menggunakan Optional Pricing. Dimana
harga yang ditawarkan kepada konsumen bervariatif dari kisaran harga terjangkau
hingga harga tinggi untuk menyesuaikan segmentasi khalayak.
3.
Strategi
FABV
A. Features
Karakteristik
dan bagian dari klinik kecantikan NMW adalah klinik gaya hidup yang menawarkan
perawatan kecantikan secara modern. Begitu pula dengan Natasha yang memiliki
karakteristik sebagai klinik kecantikan modern dengan menambahkan konsep
natural.
B. Advantage
Keuntungan
yang bisa didaptakan oleh konsumen dalam menggunakan jasa kecantikan tersebut
adalah perawatan yang ditangani langsung oleh dokter ahli dan didukung dengan
alat kecantikan yang canggih. Selain itu, konsumen juga dapat melakukan
konsultasi gratis dengan dokter yang praktik.
C. Benefit
Benfit
yang bisa dirasakan oleh konsumen dalam menggunakan jasa kecantikan tersebut
adalah hasil perawatan yang berbeda karena menggunkan alat-alat modern serta
pelayanan prima yang diutamakan. Selain itu, konsultasi gratis yang diberikan
dapat menambah pengetahuan konsumen sehingga dapat memberi kepuasan bagi
mereka.
D. Value
Klinik
kecantikan NMW maupu Nathasa menawarkan pelayanan yang berbeda. Di mana value
yang bisa dirasakan dari NMW adalah orang bisa merasakan hasil perawatan dermatologi
tanpa perlu mengkhawatirkan keselamatan. Sedangkan untuk Natasha Skin Care sendiri
klinik ini sangat memudahkan konsumennya dalam penggunaan member dengan
berbagai tipe, selain itu Natasha Skin Care sendiri mengusung teknologi tinggi
tanpa meninggalkan unsur tradisional pada produk – produk yang ada.
b.
Terdapat
4 macam Motif Konsumen dalam pembelian, yaitu :
- Motif Primer, Yaitu motif yang menimbulkan perilaku pembelian
terhadap kategori kategori umum ( biasa) pada suatu produk. Contoh motif
ini antara lain keinginan konsumen Natasha & NMW untuk menikmati
kesenangan atas produk jasa yang sudah dimilikinya, motif ingin tahu
konsumen terhadap produk jasa Natasha & NMW .
- Motif
Selektif, Yaitu motif yang mempengaruhi keputusan tentang model dan merk
dari kelas kelas produk, atau macam penjual yang dipilih untuk suatu
pembelian.Contoh : Motif Ekonomi yang dimaksud disini adalah Konsumen akan
mempertimbangkan kualitas dan harga dari produk jasa, Keamanan dari suatu
Treatment atau Produk Jasa Tersebut, Status.
- Motif
Rasional, Yaitu motif yag didasarkan pada kenyataan kenyataan seperti yang
ditunjukkan oleh suatu produk kepada konsumen. Contoh: Faktor Penawaran,
Permintaan dan Harga, disini konsumen akan melihat Kebersihan dari tempat
jasa skincare Natasha & NMW, Keawetan, Dapat dipercaya efektif dalam
bidang kecantikan dan Keterbatasan waktu yang ada pada Konsumen.
- Motif
Emosional, Yaitu motif pembelian yang berkaitan dengan perasaan atau
emosional individu. Contoh: Pengungkapan Rasa Cinta, Kebanggaan atas hasil
yang sudah di peroleh atau nampak dari perawatan skincare, Keamanan
dilihat dari kemasan produk skincare dan dilihat dari bahan bahan dari
produk skincare, Kepraktisan produk skincare agar mudah dibawa kemana mana,
dan Keinginan untuk menyerupai pihak lain dilihat dari Brand Ambassador
yang terkenal (public figure) dari produk jasa tersebut .
Motif
Terhadap Keputusan Pembelian
- Keputusan
tentang jenis Jasa. Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli
sebuah produk jasa skincare atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain.
Dalam hal ini perusahaan harus memusatkan perhatiannya kepada orang orang
yang berminat membeli produk jasa skincare serta alternatif lain yang dapat mereka pertimbangkan.
- Keputusan
tentang bentuk Jasa. Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli
produk jasa skincare tertentu. Keputusan tersebut menyangkut benefit dari
penggunaan produk skincare. Dalam hal ini perusahaan harus melakukan riset
pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk skincare
bersangkutan agar dapat memaksimumkan daya tarik dari produk jasa
tersebut.
- Keputusan
tentang Penjualan. Dalam hal ini para pemilik produk jasa skincare harus
mengetahui bagaimana cara menarik konsumen untuk bisa membeli produk jasa
skincare yang dimilikinya.
C.
Perencanaan
konsep strategi marketing public relations yang akan digunakan harus
mempertimbangkan salah satunya dalam memuat iklan produk pada media massa
tertentu. Sesuai dengan pangsa pasar yang ada. Buatlah prediksi tentang brand
media yaitu media cetak dan media online untuk memuat iklan dan alsan
pertimbangan memilih brand media tersebut sesuai dengan prinsip pertimbangan
produsen dalam memasang iklan dimasing- masing jenis media tersebut.
Ø Media Online (melalui jaringan
periklanan & website)
- Instagram
adalah media social yang saat ini sedang menjadi primadona media bisnis
online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption
yang bisa ditulis dapat lebih panjang dibanding media social lainnya.
Instagram juga mudah diakses dari smartphone
dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi
dikhalangan kaum hawa khususnya. Ini menjadi kesempatan bagi sebuah klinik
kecantikan untuk mempromosikan produk dan jasa dengan mudah karena target
konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Penggunaan Hashtag adalah
salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika menggunakan Instagram sebagai
media bisnis, karena orang akan lebih mudah untuk mencari dan tidak pula
menggunakan fitur Instagram Ads yaitu salah satu kegiatan advertising atau
iklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audience yang
lebih luas dan lebih ditargetkan. Instagram ads sendiri memang sering
dimanfaatkan untuk meningkatkan brand
exposure, traffic website, mengumpulkan leads baru. Dengan membuat
iklan video beruapa kenyamanan konsumen saat melakukan perawatan di Klinik
kecantikan. Untuk Natasha Skin Care sendiri, konsepnya menggunakan Iklan
Carousel dimana memungkinkan orang dalam menggeser beberapa foto yang
isinya adalah foto – foto konsumen remaja hingga dewasa dalam melakukan
perawatan. Untuk konsep NMW Skin Care konsep yang ditawarkan adalah iklan
stories dimana akan suguhkan video mengenai kenyamanan dan keamanan dari
klinik kecantikan tersebut.
- Youtube
merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak
orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena
mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian dari sebuah rencana
promosi dalam media online suatu usaha. Menggunakan fitur Youtube Ads
dengan total kunjungan unik ke YouTube yang mencapai 1 milyar setiap
bulannya, maka tak salah jika iklan di YouTube sangat berpotensi besar
untuk menjaring konsumen. Youtube sebagai media iklan yang tergolong baru
dan belum banyak diendus oleh marketer tentu menjadikan media ini sangat
segar dan sangat potensial yang akurat dan tepat. Saat ini banyak beauty
vlogger yang ada pada Youtube, untuk jenis klinik kecantikan bisa
mengiklankan dibeberapa youtube channel beauty vlogger terlebih dahulu dan
kemudian nantinya akan berkembang ketika iklan tersebut mendapat benefit.
- Membuat website
klinik kecantikan, ini merupakan poin yang
krusial dalam persaingan bisnis di era digital saat ini, banyak usaha
offline yang sudah membuat website khusus untuk memasarkan produk atau
jasanya melalui internet. Selain sebagai media pemasaran, website juga
bisa menjadi salah satu cara untuk membangun brand bisnis. Klinik kecantikan
dapat membuat e-flyer atau e-brosur yang diupload pada website masing –
masing. Adanya website juga dapat mempermudah konsumen dalam mengetahui
lebih lanjut mengenai klinik, dimulai dari harga serta perawatan apa saja
yang ada.
Ø Media Cetak
1. Brosur adalah
suatu alat untuk promosi barang, jasa dan lain-lain, yang terbuat dari kertas
yang dimana di dalamnya terdapat sejumlah informasi dan juga penawaran mengenai
jasa atau produk tersebut. Selain bisa memperlihatkan foto-foto dari jasa atau
produk yang ditawarkan brosur juga bisa sangat jelas dan detail dalam
menampilkan harga-harga dan treatment apa saja yang ditawarkan didalamnya. Fungsi
iklan di brosur dalam klinik kecantikan ini juga sangatlah efektif karena desain
dari brosur yang baik memungkinkan klinik kecantikan ini dapat mempertahankan
kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan diantara klinik kecantikan
lainnya. Kriteria dan ciri khas dari salah satu Klinik Kecantikan NMW Skin Care
ia memiliki kriteria dengan warna orange (kadang disebut dengan konsep) dan
disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan klinik
kecantikan ini sangat mudah dikenali. Ini akan memberikan prestise dan juga
kredibilitas perusahaan tentunya. Hal ini sangat penting untuk brosur
perusahaan tidak hanya memiliki “konsep”, akan tetapi juga memiliki logo dan
warna yang mudah untuk dikenali, yaitu salah satu langkah pertama untuk memulai
kampanye iklan.
2. Standing Banner:
Standing Banner (Ukuran 60×160)
adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi, berbentuk banner dengan konstruksi penyangga
berbentuk “X” sehingga banner
bisa berdiri sendiri. Standing Banner pada umumnya berisi tentang suatu produk,
layanan, fasilitas umum, profil perusahaan,
Isi Standing Banner di-design semenarik dan se-sederhana mungkin dimaksudkan agar audience tertarik tanpa harus mengerti dulu maksud dari isi Standing Banner tersebut. Dan penggunaan Standing Banner pada Klinik Kecantikan NMW Skin Care ini diletakan di setiap sudut ruangan di Klinik Nmw Skin Care tersebut, misalnya saja diletakkan pada ruang tunggu para konsumen pada saat menunggu antrian, didepan pintu masuk, didepan ruangan pintu masuk ruang perawatan. Posisi-posisi tersebut merupakan posisi strategis mengingat lokasi tersebut memudahkan para konsumen membaca dengan sambil duduk pun bisa dilakukan. Dan cara tersebut merupakan strategi pemasaran produk jasa layanan yang ditawarkan kepada para konsumennya.
Isi Standing Banner di-design semenarik dan se-sederhana mungkin dimaksudkan agar audience tertarik tanpa harus mengerti dulu maksud dari isi Standing Banner tersebut. Dan penggunaan Standing Banner pada Klinik Kecantikan NMW Skin Care ini diletakan di setiap sudut ruangan di Klinik Nmw Skin Care tersebut, misalnya saja diletakkan pada ruang tunggu para konsumen pada saat menunggu antrian, didepan pintu masuk, didepan ruangan pintu masuk ruang perawatan. Posisi-posisi tersebut merupakan posisi strategis mengingat lokasi tersebut memudahkan para konsumen membaca dengan sambil duduk pun bisa dilakukan. Dan cara tersebut merupakan strategi pemasaran produk jasa layanan yang ditawarkan kepada para konsumennya.
3. Flyer:
Lembaran yang tercetak secara tunggal (tidak ada lipatan) dan digunakan untuk
menarik perhatian publik terhadap sebuah pelayanan, acara ataupun produk, yang
ditawarkan. Flyer, atau lebih akrab disebut dengan selebaran, pada umumnya
hanya berisi info-info secara garis besar karena untuk dibaca secara cepat.
Iklan yang dimuat pada flyer di Klinik Kecantikan Nmw Skin Care ini juga hanya
berisi informasi mengenai iklan secara garis besarnya saja. Misalnya iklan
mengenai discount apa saja yang ditawarkan, treatment apa saja yang ditawarkan,
promo khusus yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Cara iklan di flyer ini juga
sangat menghemat waktu apalagi hanya membaca cepat dan dengan tulisan yang
dimuat intinya saja dan dikemas dengan menggunakan gambar yang menarik
konsumen.
Casino Roulette - Play in this online Casino without registration
BalasHapusJoin a 제왕 카지노 genuine casino with 메리트카지노 Roulette for free and enjoy an unbeatable game experience. No deposit required, just start spinning. 바카라 사이트